Tips Apabila Bayi Terkena Batuk dan Pilek

16.41

Tips Mengatasi Bayi yang Terkena Batuk dan Pilek


Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat Siang para Ayah dan Bunda yang sedang mencari cara menyembuhkan bayi anda yang sedang batuk dan pilek, Btw Ten ini cari source ini dari beberapa referansi, bahkan ada yang bilang bahwa tidak baik apabila bayi yang masih kecil diberikan obat kimia (maaf loh buat para dokter, bukan bermaksud apapun, karena admin sendiri punya beberapa temen dokter). Seperti orang dewasa, bayi pun dapat terserang oleh flu, baik itu batuk maupun pilek, akan tetapi yang membedakan adalah apabila bayi merasa tidak enak badan, maka bayi akan rewel, menangis selalu menangis untuk mengungkapkan ketidaknyamanannya. Orang tua mana yang menginginkan anaknya sakit, setiap orang tua pasti tidak akan tega apabila anaknya sakit walaupun itu sakit biasa, orang tua pasti akan mengusahakan yang terbaik hingga anaknya sembuh. 

Beberapa ciri bayi yang terkena batuk dan pilek :
☣  Nafasnya berbunyi ngik-ngik ketika tidur pada malam hari.
☣  Tidurnya tidak tenang.
☣  Tangannya bergerak terus mencakar-cakar muka dan hidungnya.
☣  Muncul suara nggruk-nggruk dari dalam hidungnya saat sedang bernafas.
☣  Tidak jarang batuk maupun pilek dapat menimbulkan demam hingga 38˚C.

Apabila buah hati sudah terkena batuk dan pilek, janganlah panik, segera lakukan hal-hal berikut ini agar si adik bayi cepat sembuh.

♡ Perbanyak Pemberian Minum kepada si kecil, ASI kalo masih bayi.
Ketika bayi sedang sakit, jangan buru-buru diberi obat kimia, karena obat kimia tidak dibutuhkan oleh badan bayi, penyembuh alami untuk si bayi adalah ASI dari ibunya, bahkan jika si bayi tidak ingin minum ASI tetap berikanlah ASI, karena ASI yang akan menyembuhkan batuk dan pileknya sekaligus menghindari dehidrasi karena ketika tubuh sakit, karena penggunaan energi oleh tubuh saat sakit akan menguras banyak cairan dari tubuh bayi. serta fungsi dari minum yang diberikan dapat membantu untuk mengencerkan dahak.

♡ Perbanyak Istirahat.
Tenaga dan energi adalah hal yang sangat essensial untuk melawan infeksi pada tubuh kita. Beristirahat yang cukup akan membantu tubuh menghemat energi dan menggunakan energi tersebut untuk melawan kuman yang sedang menjangkiti tubuh kita. Jadi, biarkan bayi Anda tidur sebanyak yang ia mau. Jangan ajak bayi bermain atau berbicara. Hindari pula meletakkan mainan seperti boneka atau mainan plastik di ranjang bayi, karena hal tersebut akan membuat bayi terjaga.

♡ Berikan Ramuan Tradisional dan Terapi Uap kepada Bayi.
Ramuan Tradisional terkadang sangat manjur dan efektif digunakan daripada obat-obatan kimia. Untuk mengatasi batuk dan pilek pada bayi ada banyak macam jenis ramuan tradisional yang digunakan (pilih salah satu).
1. kunyit disayat bagian atasnya, beri sdikit kapur sirih, kemudian cincang dgn pisau, kunyit akn menjadi merah/hitam, lalu oleskan kunyit di sepanjang hidung dan kening bayi
2. Bawang merah diparut dan dicampur minyak telon, kemudian diusapkan ke ubun-ubun bayi, telapak kaki bayi, pusar bayi, dan juga punggung bayi..
3. Kasih air rebusan bunga blimbing wuluh dan gula batu.
4. Tiga lembar daun sirih diremas-remas, dicampur air perasan jeruk nipis, kemudian dioleskan pada leher bayi
Itu tadi contoh ramuan tradisional bisa dipilih satu yang dimana yang digunakan, tapi menurut beberapa sumber yang Ten dapat no 2 dan 3 yang paling mujarab. Trus jangan lupa juga untuk menguapi anak anda dengan cara :

Rebus air hingga mendidih, kemudian teteskan 5 hingga 10 tetes minyak telon kedalam air panas tersebut. Biarkan uapnya dihirup bayi. Uap itu akan meredakan hidung mampet. Jangan lupa juga untuk menjemur bayi pada pagi hari selama sekitar 10 menit. Bayi ditelungkupkan, kemudian tepuk-tepuk punggungnya dengan lembut. Itu untuk merangsang bayi batuk sehingga dahaknya keluar. Letakkan juga irisan-irisan bawang merah di sudut-sudut kamar tempat si bayi tidur. Konon katanya, irisan-irisan bawang merah itu akan mensterilisasi ruangan.

♡ Lakukan Terapi Pijat batuk dan pilek untuk si bayi
Ada banyak terapi pijat batuk dan anak untuk si bayi baik di Rumah Bersalin, maupun usaha layanan Baby Spa, Pada beberapa tempat digunakan sinar infra merah untuk mencairkan dahak, kemudian ditepuk-tepuk dada dan punggungnya dengan lembut untuk merangsang bayi batu sehingga dahaknya keluar.

♡ Untuk Anak berumur 2 tahun ke atas
Masaklah sup ayam yang sangat enak dan berikanlah makanan berkuah ini kepada anak anda selagi dalam kondisi hangat. Makanan dengan kuah yang hangat akan membantu melegakan saluran pernapasan anak Anda. Selain itu, kaldu ayam terbukti dapat membantumeringankan gejala flu seperti nyeri badan, kelelahan, hidung tersumbat dan demam. Selain sop hangat, Anda juga dapat memberikan teh, jus apel, susu dan semua minuman kesukaan anak Anda yang disajikan dengan hangat.

Nah sekian dulu dari saya, karena sudah sore, maka ten akhiri dulu sampai disini ya, besok-besok ten update lagi hal lainnya. Terima Kasih kepada beberapa blog dan site yang menjadi sumber referensi penulisan ini.

Source :
Mastrid Radyamas
Dedaunan 
Uzone

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »