Manfaat Berenang untuk Bayi Bag 1

10.59

MANFAAT BERENANG UNTUK BAYI

Bagian 1

Selamat siang para ayah maupun bunda yang sedang mampir berkunjung ke website Sabrina Baby & Kids Spa… Kali ini Ten bakal bahas tentang manfaat berenang untuk bayi. Daripada berpanjang lebar di pengenalan lebih baik segera Ten tulis, setelah itu Ten bisa share tentang artikel lain ataupun galleri. soalnya masih banyak yang harus di share. Btw Ten ucapkan selamat datang ya di website ini, tampilannya baru, lebih simpel dan fresh kan.
Sebelum membahas tentang berenang, Ten bakal jelasin lagi bahwa Spa tubuh bayi dan anak dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu mandi berendam atau berenang (untuk bayi). Sejak berada didalam kandungan sebenarnya bayi sudah berenang di dalam air ketuban selama 9 bulan. Setelah lahir, kemampuan berenangnya hanya tinggal di tingkatkan saja karena pada dasarnya ada suatu mekanisme tertentu pada tubuh bayi yang membuatnya dapat kuat berada di dalam air. Secara otomatis, bayi dapat menahan nafas saat di dalam air. Ini disebut refleks menyelam mamalia, sama seperti saat mereka menghabiskan 9 bulan di dalam cairan ketuban.
Bayi juga memiliki refleks melangkah di dalam air yang sangat berguna untuk berenang. Biasanya, bayi yang baru lahir hingga usia 3 bulan dapat langsung dilatih di dalam air tanpa perlu takut tenggelam. karena saat usia terebut bayi memiliki refleks melangkah yang sangat membantu untuk berenang, reflek melangkah merupakan salah satu refleks yang menyertai bayi seperti refleks menggenggam dan refleks berjalan. Jadi, apabila kita meletakkan bayi yang berusia dibawah 3 bulan di dalam air, secara refleks ia akan menggerak-gerakkan kaki agar tidak tidak tenggelam, bisa dikatakan bayi berusia 3 bualn kebawah berenang menggunakan gaya primitif. Dengan adanya gaya gravitasi, bayi merasa ditekan dari bawah air sehingga ia bisa mengambang.

Manfaat berendam dan berenang bagi bayi cukup banyak, Beberapa penelitian telah dilakukan untuk membuktikan hal tersebut. Berikut ini manfaat berendam dan berenang bagi bayi :

❤ Merangsang Gerakan Motorik Bayi
Berendam dan berenang akan merangsang gerakan motorik bayi. Dengan bermain air, otot-otot bayi akan berkembang dengan sangat baik, persendian tumbuh secara optimal, pertumbuhan badan meningkat, dan tubuh pun menjadi lentur. Dengan kata lain, melalui gerakan di dalam air semua anggota tubuh bayi akan terlatih, karena seluruh anggota tubuh di gerakkan, mulai dari tangan, kaki, hingga kepala. Walaupun gerakkannya belum sempurna. Bayi yang belajar bergerak di dalam air biasanya akan mampu berjalan lebih dahulu dibandingkan bayi-bayi lainnya karena kemampuan kontrol otot mereka lebih meningkat. Kemampuan motorik bayi akan berkembang lebih pesat daripada jika ia hanya bermain di lantai, karena pada saat berenang di dalam air, efek gravitasi sangat rendah sehingga memungkinkan bayi untuk bergerak lebih banyak dan semua otot pun dapat bekerja dengan optimal. Jika bayi melakukan gerakan-gerakan di lantai maka hanya otot-otot tertentu saja yang bekerja. Apalagi jika bayi hanya dilatih dengan baby walker, bayi hanya akan terbiasa berjalan dengan alat itu. Akhirnya gerakan-gerakan ototnya jadi terbatas sebab hanya otot-otot tertentu saja yang bekerja, perkembangan motoriknya pun tidak akan sepesat bayi yang banyak dilatih di dalam air. Ditambah lagi banyak laporan kecelakaan akibat baby walker sehingga perlu kiranya dipikirkan ulang penggunaan baby walker untuk melatih bayi berjalan.
❤ Keseimbangan Tubuh Yang Lebih Baik
Bayi yang dilatih berenang akan memiliki keseimbangan tubuh yang lebih baik. Hasil riset gabungan dari Lancaster Univeristy dan Norwegian of Science and Technology mengungkapkan bahwa bayi yang berenang memiliki keseimbangan yang lebih baik dan dapat lebih mudah meraih sebuah objek dibandingkan bayi yang tidak berenang, Hasil riset juga menyebutkan bahwa pengenalan olahraga renang pada bayi beberapa bulan pasca dilahirkan membantu mereka mengembangkan keterampilan fisik di kemudian hari.
❤ Membiasakan Bayi Tidak Takut Air
Bayi yang dibiasakan bergerak di dalam air tidak akan takut terhadap air. Banyak bayi tidak mau mandi karena takut air. Jika kegiatan berenang dikenalkan sejak dini maka bayi akan terbiasa dengan air dan tidak akan takut lagi, bahkan sangat senang berada di dalam air dan bermain di air.

Lanjutannya silahkan tunggu di postingan berikutnya saja ya... Manfaat Berenang untuk Bayi Bag 2. Tetep di tunggu aja postingan terbaru biar tidak penasaran.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »