Manfaat Berenang untuk Bayi Bag 2

13.42

MANFAAT BERENANG UNTUK BAYI

Bagian 2

Tempo Hari kan Ten udah tuliskan tentang "Manfaat Berenang Untuk Bayi tapi masih bagian pertama dikarenakan artikelnya yang sangat banyak, jadi Ten potong deh. Bagi yang belum sempet bacanya bisa klik disini saja... Nah yuk sekarang kita lanjut ke bagian dua.






❤ Mengasah Keberanian, Kemandirian dan Kepercayaan Diri Bayi
Berendam dan berenang akan mengasah kemandirian, keberanian, dan kepercayaan diri bagi si adik Bayi. Berenang akan mendorong bayi tumbuh menjadi sosok yang mandiri dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Hal ini tercermin saat bayi tak lagi takut berada di air, terlebih ketika ia mulai beani mengeksplorasi bermacam-macam gerakan di air. Sebenarnya, sejak tahun 1960, telah di diketahui bahwa bayi mampu berenang secara mandiri di bawah air, tetapi kini baru diketahui bahwa jika kemampuan berenang ini dibiasakan maka dapat meningkatkan kepercayaan diri dan pengembangan pribadi, fisik, dan emosional. Air sebagai tempat berenang memberikan lingkungan yang menenangkan bagi bayi. Hal ini juga sangat bermanfaat bagi bayi yang memiliki kelainan bawaan, seperti Down Syndrome (salah satu gangguan atau cacat lahir genetik yang paling umum terjadi) dan Cerebral Palsy(kelompok gangguan yang mempengaruhi gerak, keseimbangan dan postur tubuh disebabkan oleh cedera otak atau kurangnya asupan oksigen ke otak saat proses kelahiran). Penjelasan tentang Down Syndrome dan Cerebral Palsy lain kali saja Ten Posting. Sebuah penelitian tentang hal ini telah dilakukan oleh Griffith University dengan melibatkan lebih dari 10.000 anak yang berusia rata-rata 5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk membantu perkembangan fisik, sosial, dan kognitif pada anak. Penelitian ini telah dilakukan selama 2 tahun untuk memastikan perkembangan anak selama mereka belajar berenang. Menurut Profesor Robyn Jorgensen, hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mampu berenang jauh lebih percaya diri dibandingkan anak-anak lainnya yang seumuran dan tidak bisa berenang.
❤ Meningkatkan IQ (Kecerdasan Berpikir)
Berenang dapat meningkatkan IQ (kecerdasaan berpikir) dan konsentrasi. Hal ini dapat diterangkan sebagai berikut : ✮ Pada saat berenang, bayi menggerakkan seluruh anggota badan, gerakan ini diduga dapat merangsang pertumbuhan saraf-saraf tepi sehingga saraf otak menjadi lebih aktif, dan hal ini dapat meningkatkan kepintarannya. ✮ Bayi dan anak yang berenang sejak dini akan terbiasa mengikuti instruksi atau mendengarkan perkataan orang lain. Hal ini membuat kemampuan kognitifnya (proses berfikirnya) makin berkembang. Perkembangan kognitif pada bayi meliputi berpikir, belajar, dan kemampuan memecahkan masalah. ✮ Sebuah penelitian di Jerman menyatakan bahwa melatih bayi berenangsejak usia dini sangat bermanfaat tidak hanya untuk kemampuan konsentrasi, gerak refleks, kecerdasan, serta perilaku sosial saat mereka memasuki usia taman kanak-kanak. Bayi yang biasa dilatih berenang, terutama pada usia 3 bulan pertama, tidak hanya berpotensi menjadi anak berbakat, tetapi juga lebih mandiri dan percaya diri serta menampakkan kecerdasan intelektual yang lebih tinggi dibandingkan anak seusianya yang tidak dilatih berenang. ✮ Penelitian dari Queensland Australia, juga mengungkapkan hal yang hampir sama, bahwa berenang tidak hanya mempengaruhi kondisi fisik anak. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa berenang juga dapat meningkatkan kinerja otak anak sehingga membuatnya lebih pintar. ✮ Hasil dari penelitian di Melbourne Australia, menunjukkan secara statistis, IQ anak-anak yang dilatih berenang sejak bayi lebih tinggi ketimbang anak-anak yang tidak dilatih berenang, tetapi setelah usia 5 tahun. Pertumbuhan fisik, emosional, dan sosialnya pun lebih baik. Anak-anak tersebut diukur IQ-nya ketika berusia 10 tahun.
❤ Menjadi Sarana Bermain Yang Menyenangkan
Berendam dan Berenang menjadi sarana bermain yang sangat menyenangkan bagi bayi. Kegiatan ini diduga dapat membuat bayi teringat kembali masa-masa hidupnya ketika berada dalam kandungan.
❤ Meningkatkan kualitas Pola Tidur
Berendam dan Berenang juga dapat meningkatkan kualitas. pola tidur siang dan malam. Tidur bayi dan anak akan makin lelap. Banyak penelitian membuktikan bahwa tidur lelap pada bayi dapat meningkatkan kecerdasannya.
❤ Mempengaruhi Nafsu Makan
Berenang secara rutin juga dapat mempengaruhi nafsu makan bayi. Gerakan yang banyak saat bergerak di dalam air akan meningkatkan metabolisme tubuh bayi sehingga secara otomatis nafsu makannya akan meningkat pula.
❤ Meningkatkan Kemampuan Berbicara
Saat berenang, bayi banyak belajar mendengar pembicaraan orang saat memberikan instruksi untuk bergerak sehingga di kemudian hari, kemampuan berbicaranya akan lebih cepat berkembang.
❤ Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Dengan pergerakan fisik di dalam air saat bayi berenang, maka suhu tubuh si bayi akan meningkat akibat peredaran darah yang dipompa ke seluruh tubuhnya. Ini akan menjadikan daya tahan tubuh si kecil menjadi lebih baik karena mekanisme tubuh bekerja untuk membunuh bakteri. Selain itu, suhu tubuh yang semakin naik juga bisa membantu membunuh kuman yang akan menyerang tubuh si kecil. Karena berenang juga baik untuk menurunkan kadar stress bagi manusia, termasuk bayi, maka daya tahan tubuh juga semakin meningkat..
Itulah Tadi manfaat-manfaat berenang untuk bayi next post Ten akan posting lanjutan artikel yang masih ada sangkut pautnya dengan berenang untuk bayi. So hari ini sampai disni dulu ya, soalnya mau update galleri juga, Ten mau nampilin foto adik-adik bayi yang imut dan lucu.

Artikel Source :
Judul Buku : Spa Bayi dan Anak (Terbukti dapat mempercepat perkembangan kemampuan motorik bayi) Pengarang : dr. Nadjibah Yahya, Dipl. CIBTAC

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »